Kamis, 25 Juni 2009

Rahasia Sujud Tilawah

Apakah pernah kita berfikir, begitu banyaknya agama didunia ini, tidak ada satu pun yang mewajibkan pengikutnya sujud kecuali Islam. ini membuktikan bahwa amalan sujud itu punya rahasia tersendiri. Khususnya sujud Tilawah, yang menyangkut bacaan satu ayat, dan di ujung ayat itu, setelah kita baca "disunnahkan" sujud.

Keistimiwaannya Adalah:
Pertama, Malaikat dan Iblis pernah dikalahkan oleh adam, lantaran Adam lebih banyak ilmunya-yang diajarkan Allah - dibandingkan ilmu yang dimiliki, Malaikat dan Iblis. Malaikat mengetahui kekalahannya dan langsung sujud, sedangkan Iblis tidak mau mengakui kekalahannya, maka ia tidak sujud.

Kedua, Semua ayat-ayat sujud itu, mengungkapkan keagungan al-Qur'an. Watak orang-orang Mu'min ialah yang suka sujud artinya seorang muslim yang banyak sujud, karena mendengarkan ayat-ayat al-Qur'an, atau dia sendiri yang membacanya adalah muslim yang tau diri, sebagai hamba Allah SWT, maka perilaku kesehariannya pun tidak sombong dan angkuh terhadap sesamanya. tidak ada artinya menyombongkan diri di hadapan orang lain, sekalipun punya kelebihan-kelebihan. kita semua adalah hamba Allah, dan kembali kepadanya.

Penulis: Prof. Dr. Musjby, Ph.D

0 komentar:

Posting Komentar

الجزيرة نت

Eramuslim: Berita

Website Pemerintah Kota Probolinggo

  ©Template by Tawes.

Wassalam...